Pramuka Semakin Mantap Bentuk Karakter Kaum Muda

on Jumat, 26 Oktober 2012




ist


JAKARTA, PESATNEWS - Gerakan Pramuka pada tahun 2012 sudah memasuki usia 51 tahun, dan itu membuat Gerakan Pramuka semakin memantapkan langkah untuk membentuk karakter kaum muda, dan meningkatkan semangat kebangsaan dan keterampilan kaum muda dimana hal tersebut sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka.


Bersamaan perayaan yang ke 51 bersamaan pula dengan momentum 100 tahun masuknya kepramukaan di Indonesia. Seluruh Anggota Gerakan Pramuka merayakan peringatannya dengan mengangkat tema “Tingkatkan Kemandirian Gerakan Pramuka untuk Keberhasilan Pembentukan karakter  kaum Muda”

Hari Pramuka berulang tahun yang sedianya diadakan pada tanggal 14 Agustus dan diramaiakan diisi oleh banyak kegiatan, menjadi mundur menjadi tanggal 3 September pekan nanti, tapi tanpa mengurangi khidmatnya acara, hal ini disebabkan karena harus menyesuaikan jadwal sang Pemimpin Negara yang juga menjadi chiev scout atau pemimpin tertinggi, "di setiap negara yang ada organisasi Pramuka seperti Singapura yang menjadi chiev scout adalah pemimpin negaranya", ujar Dina Humas Kwarnas Pramuka.

Salah satu yang menjadi tradisi adalah Ulang Janji. Kegiatan tersebut adalah saat seluruh Anggota Gerakan Pramuka mengucapkan ikrar berupa Kode Kehormatan yang merupakan janji dan komitmen diri serta ketentuan moral Pramuka dalam pendidikan Kepramukaan. Kode kehormatan yang diucapkan pada setiap pelantikan dan diucapkan ulang terdiri dari Satya dan Darma Pramuka.

Salah satu program dari Pramuka yaitu Messengers of Peace yang digagas World Scout Foundation hingga makin banyak kaum muda yang kreatif dan memiliki keterampilan sebagai bekal masa depan.

Di dalam Pramuka ada 2 kecakapan, Menurut Ka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional Gerakan Pramuka, DR Joko Murshito, syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus.

"Syarat kecakapan umum terdiri dari nilai yang dibawa dari gerakan pramuka sendiri, seperti mengajarkan norma, agama, membersihkan kali, kemudian syarat kecakapan khusus terdiri dari ketrampilan-ketrampilan yang ada di Pramuka seperti membuat madu, membuat hiasan kain.

Upacara akan berlangsung pada 3 September 2012 dan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Pembina Upacaranya pada kesempatan itu Panji Gerakan Pramuka akan di hadirkan dalam upacara yang dihadiri oleh ribuan peserta upacara.

0 komentar: